NEWS UPDATE :  

O S I S

O S I S

          

OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di tingkat sekolah dan dibentuk di sekolah menengah baik di SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Organisasi ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Struktur Organisasi ini terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, kemudian divisi/ seksi-seksi lainnya. Setiap jabatan di dalam OSIS memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing. Kepengurusan OSIS memiliki masa kerja yang terbatas yaitu selama satu periode/ satu tahun dan akan diperbaharui lagi.

Fungsi OSIS

Mengapa harus ada OSIS di sekolah? OSIS merupakan sebuah wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan dan memajukan sekolah dan seluruh siswa melalui aktivitas/ program yang berkenaan dengan kegiatan kesiswaan. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. OSIS juga berfungsi sebagai pencegah. Pencegah di sini maksudnya adalah mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS, maka siswa bisa memiliki kegiatan yang positif yang bisa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas mereka dengan kegiatan-kegiatan yang dibuat.

Tujuan OSIS

Apa sebenarnya tujuan OSIS? Mari kita lihat lagi pengertian OSIS, OSIS merupakan organisasi intra sekolah yang artinya organisasi ini dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah, dibina oleh guru di sekolah, dan bekerja demi kebaikan sekolah. OSIS bertujuan memfasilitasi para siswa untuk menyalurkan aspirasinya, mengekspresikan kreativitasnya, dan berkontribusi untuk hal-hal yang positif. OSIS memiliki tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang artinya akan memberikan pengaruh positif juga bagi sekolah itu sendiri.

Selain itu, ada lagi tujuan OSIS yang perlu Kalian tahu. OSIS bertujuan memaksimalkan potensi siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri serta mengharumkan nama baik sekolah. Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

Tugas OSIS

Lantas tugas apa sebenarnya yang harus dijalankan oleh OSIS? OSIS bertugas untuk mengendalikan aktivitas siswanya sehingga lebih terarah dan lebih positif. Selain itu, semua orang yang terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang dibagikan. Setiap orang yang terlibat di dalam kepengurusan OSIS memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan. Selain semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan OSIS. Salah satu guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi jalannya OSIS.

Struktur Keorganisasian OSIS SMK Kesehatan Athalla Putra Palembang

01   Ketua OSIS
02   Wakil Ketua (urusan Adat dan Rumah Tangga) 
03   Sekretaris (urusan Juru Tulis dan Administrasi)
04   Bendahara (urusan Kelola Keuangan)
05   Divisi Kepribadian dan Budi Pekerti
06   Divisi Sumber Daya Manusia, Minat dan Bakat
07   Divisi Kegiatan Literasi dan Kelompok Belajar
08   Divisi Kegiatan, Acara dan Pelatihan
09   Divisi Arsip, Dokumentasi dan Publikasi
10   Divisi Kewirausahaan dan Dana Usaha
11   Divisi Sarana, Prasarana dan Hubungan Masyarakat

SEBARAN ALUMNI
INFO LOKER